Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia dan Pembahasan - Jawaban-Solusi

Dukungan

Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia dan Pembahasan

Soal UTBK 2019 Bahasa Indonesia dan Pembahasan
UTBK 2019-Bahasa Indonesia. UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah salah satu tes yang harus dilalui untuk bisa mendaftar di SBMPTN 2019. Tes UTBK dapat diikuti oleh lulusan SMA tahun 2017, 2018, dan 2019. Tes UTBK 1 telah dilaksanakan sejak tanggal 13 April 2019 lalu dan akan berakhir pada tanggal 04 Mei 2019, dan bagi yang telah daftar untuk UTBK 2 tentu memiliki kesempatan / peluang besar untuk meningkatkan nilainya dibandingkan nilai UTBK 1.
Nah untuk mengantisipasi hal itu berikut ini Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia Saintek. Saya ingatkan sekali lagi soal ini bisa saja tidak muncul di soal kalian, sebab panitia telah menyediakan banyak soal yang siap untuk diacak oleh komputer. Artinya, jangan belajar dan berpatokan hanya pada soal ini saja, pelajari juga soal-soal yang lain ya adik-adik...!

Udah ya.. pegal nih jari-jemari mengetik kata pengantarnya... hehehe! Tapi... orak po po yang penting kalian tetap semangat belajarnya dan semoga LULUSSSSSS.... ya!

Tesk ini digunakan untuk menjawab untuk menjawab soal no.1-5!
Kenaikan harga BBM berdampak pada berbagai sektor kehidupan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Para pengusaha, birokrat, asosiasi industri, dan UKM kewalahan menghadapinya. Kenaikan harga BBM hingga lebih dari 120%, melemahnya nilai rupiah, kebijakan moneter yang membuat tingkat bunga kredit meningkat, ditambah mahalnya tarif tol, listrik, ongkos pesawat, dan terminal handlingcharges, kian menambah parahnya kondisi. Dengan kondisi seperti ini, apakah industri mampu bangkit, tumbuh dan bersaing, serta menopang target pertumbuhan ekonomi, penggalangan ekspor, dan penciptaan lapangan kerja?

Pemerintah dan BI (Bank Indonesia) mencoba menjawab masalah mendesak ini dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan ekonomi. Hasil identifikasi pemerintah menunjukkan bahwa ada dua inti masalah: tingginya harga minyak di pasar dunia dan pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS yang cukup tajam. Solusinya adalah dikeluarkannya kebijakan yang terdiri atas kebijakan energi, moneter, fiskal, dan paket kebijakan ekonomi lainnya. Kebijakan ini agaknya terfokus pada ancaman membengkaknya defisit APBN, sustainabilitas fiskal, dan gejolak nilai rupiah. Padahal, sebelum krisis, industri manufaktur mampu tumbuh dengan dua digit, yaitu rata-rata sekitar 11% selama 1974—1977. Rata-rata tingkat utilitas kapasitas produksi industri Indonesia hanya sekitar 63%—66%. Beberapa subsektor memang mengalami kenaikan, tetapi utilitas kapasitas produksi untuk industri aneka makanan, minuman, dan tembakau menunjukkan tren penurunan pada tahun-tahun berikutnya.

Tabel Peranan Cabang Industri terhadap PDB Sektor Industri 2016—2018
Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia Saintek

Soal No.1
Berdasarkan paragraf pertama, manakah pernyataan berikut ini yang benar?
  • A. Tidak semua BBM yang naik harganya memengaruhi berbagai sektor kehidupan.
  • B. Sebagai negara penghasil BBM, Indonesia tidak berdampak serius akibat kenaikan harga minyak mentah.
  • C. Kondisi perekonomian semakin rumit karena kenaikan harga BBM yang mencapai 120 persen.
  • D. Mahalnya tarif tol, listrik, dan melemahnya nilai tukar rupiah merupakan beberapa hal penyebab parahnya kondisi.
  • E. Kenaikan harga BBM beserta dampaknya ikut membuat sektor industri sulit bangkit dan bersaing.

Soal No.2
Berdasarkan paragram kedua, jika kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berhasil, manakah simpulan berikut yang mungkin benar?
  • A. Nilai tukar rupiah atas dolar AS bisa lebih baik dan pembengkakan defisit APBN bisa diatasi.
  • B. Pemerintah berhasil mengatasi dua permasalahan utama, yaitu turunnya harga minyak di pasar dunia dan utang luar negeri kian berkurang.
  • C. Industri manufaktur secara nasional mampu tumbuh rata-rata dua digit selama sepuluh tahun.
  • D. Pemerintah akan memfokuskan solusinya pada ancaman membengkaknya defisit APBN berjalan.
  • E. Para pengusaha, asosiasi, dan UKM akan memproduksi berbagai produk sebagai komoditas unggulan.


Soal No. 3
Berdasarkan paragraf pertama, mengapa para pengusaha, birokrat, asosiasi industri, dan UKM kewalahan menghadapi dampak kenaikan BBM?
  • A. Usaha mereka akan mengalami kerugian sangat besar, bahkan akan gulung tikar atau bangkrut.
  • B. Usaha mereka terganggu oleh melemahnya nilai rupiah, tingginya bunga kredit, semakin mahalnya tarif jalan tol dan listrik, dan tingginya terminal handling charges.
  • C. Industri dan usaha yang mereka geluti tidak akan mampu bersaing dan meningkatkan volume ekspor.
  • D. Pemerintah tidak sanggup mengatasi keterpurukan perekonomian nasional akibat naiknya harga BBM dunia.
  • E. Pengusaha merasa tidak mampu membantu menopang target pertumbuhan ekonomi dan penciptaaan lapangan pekerjaan.


 No. 4
Berdasarkan isi teks tersebut, manakah pernyataan berikut yang paling benar mengenai intisari teks?
  • A. Sektor industri pasti akan berkembang pesat apabila kebijakan yang dibuat pemerintah menyentuh esensi permasalahan.
  • B. Pelemahan nilai rupiah menjadi penyebab utama gagalnya paket kebijakan ekonomi pemerintah dan Bank Indonesia.
  • C. Krisis ekonomi yang berdampak pada berbagai sektor kehidupan disebabkan oleh harga minyak dunia yang cenderung terus meningkat.
  • D. Kebijakan yang dibuat pemerintah memiliki prospek sangat baik dan banyak kelebihan bagi penyelamatan krisis ekonomi di Indonesia.
  • E. Pemerintah telah berhasil mengatasi dampak kenaikan harga BBM yang mengancam pembengkakan dan defisit APBN.


Soal No. 5
Berdasarkan isi tabel tersebut, pernyataan manakah berikut ini yang paling benar?
  • A. Peningkatan industri pupuk kimia dan barang dari karet tahun 2017 kurang dari dua kali lipat industri barang kayu dan hasil hutan pada tahun yang sama.
  • B. Peningkatan industri alat angkut, mesin, dan peralatannya pada tahun 2018 lebih rendah daripada tahun 2017.
  • C. Industri semen dan barang galian nonlogam setiap tahun menurun sebagaimana industri pupuk, kimia, dan barang-barang dari karet.
  • D. Industri semen dan barang galian nonlogam setiap tahun mengalami penurunan sebagaimana yang terjadi pada makanan, minuman, dan tembakau.
  • E. Peningkatan industri makanan, minuman, dan tembakau tahun 2018 lebih besar dari tiga kali lipat industri tekstil, barang kulit, dan alas kaki tahun yang sama.


Gunakan Teks Berikut untuk menjawab soal no. 6-10
(1) Ayam pertama lahir dari mutasi genetik yang berasal dari DNA binatang yang memiliki bentuk menyerupai ayam. (2) Binatang yang dimaksud adalah the red junglefowl atau ayam hutan merah yang memiliki nama latin Gallus gallus. (3) Mutasi genetik tersebut terjadi pada sel pertama. (4) Kemudian, mutasi-mutasi itu menggandakan diri ke setiap sel tubuh lain saat embrio ayam tumbuh. (5) Diperkirakan, ayam hutan merah itu dijinakkan oleh masyarakat Asia, termasuk Indonesia, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. (6) Gallus gallus memiliki lapisan telur yang kurang produktif dan agresif jika dibanding dengan hasil mutasinya, Gallus gallus domestik. (7) Bukti arkeologi menunjukkan, Gallus gallus pertama kali dijinakkan dan didomestifikasi pada 10.000 tahun yang lalu. (8) Namun, analisis DNA dan simulasi matematis menunjukkan ayam sudah ada sejak 58.000 tahun silam.

Telur ditemukan di dalam kerajaan hewan atau kingdom animalia. Ia merupakan wadah yang menjaga embrio agar bisa bertahan hidup dan berkembang. Menurut penelitian itu, telur pertama muncul jutaan tahun yang lalu. Sebelumnya, sebagian besar hewan bereproduksi dengan mengandalkan air, mereka bertelur di dalam kolam atau lingkungan lembab lain sehingga telur yang dihasilkan tidak mengering. […] Telur memiliki cangkang yang keras karena ditetaskan di darat. Telur yang dihasilkan di darat ini berasal dari evolusi panjang binatang tetrapoda (berkaki 4 termasuk burung dan unggas) sejak lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Telur ini disebut sebagai telur amnion dengan ukuran lebih besar dan kualitas lebih baik. Telur amnion memiliki tiga selaput ekstra yang terdiri dari chorion, amnion dan allantois. Hal ini memungkinkan embrio mengambil nutrisi yang disimpan, menyimpan produk limbah berlebih, dan bernafas tanpa perlu lingkungan akuatik eksternal. Cairan ekstra yang terbungkus dalam amnion, ditambah kulit luar yang keras, semakin memberikan perlindungan ekstra. Namun, peneliti belum dapat memastikan kapan dan bagaimana telur jenis ini terbentuk. Sebab, cangkang telur tidak meninggalkan fosil yang jelas sebagai bahan penelitian. Hanya saja, kemungkinan yang paling besar evolusi ini terjadi pada 340 juta-370 juta tahun yang lalu saat nenek moyang binatang ini binasa. Dari penjelasan ini didapatkan kesimpulan bahwa telur, dalam arti umum, lebih dulu ada daripada ayam. Telur diketahui ada sejak ratusan juta tahun silam sementara ayam baru muncul sekitar 58.000 tahun lalu.

Namun bagaimana dengan telur ayam yang menjadi pertanyaan awal? Peneliti menemukan proses pembentukan kulit telur ayam sebagian besar terbentuk dari kalsium karbonat $(CaCO_3)$. Sumber kalsium itu didapatkan ayam dari sumber makanannya. Untuk membentuk cangkang, kalsium itu perlu disimpan dalam kristal $CaCO_3$, dan proses ini sangat bergantung pada keberadaan sebuah protein yang disebut ovocleidin-17 yang hanya dapat ditemukan di ovarium ayam. Protein ini berfungsi mempercepat pembentukan cangkang telur pada ayam.

Soal No. 6
Judul apa yang tepat sesuai teks
(A) "Mana yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?"
(B) Asal-usul Telur Ayam
(C) Komposisi Cangkang Telur Ayam
(D) Penelitian Telur ayam
(E) Proses terbentuknya Cangkang telur


Soal No. 7
Kesimpulan yang bisa ditulis di akhir paragraf ketiga
(A) Kalsium adalah hal penting pembentuk cangkang telur.
(B) Jadi ayam mengalami evolusi.
(C) Tanpa adanya protein ovocleidin-17, telur ayam tidak mungkin ada.
(D) Telur ada setelah evolusi ayam.
(E) Protein yang membangun cangkang telur.


Soal No. 8
Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf kedua adalah
(A) Telur mengalami evolusi.
(B) Seiring perkembangan waktu, jenis telur berbeda mulai muncul setelah adanya
evolusi.
(C) Selain itu, muncul ayam jenis baru karena evolusi.
(D) Namun, telur dibangun oleh komposisi yang lengkap.
(E) Akan tetapi, ayam bisa bertelur di mana saja.


Soal No. 9
Proses tersebut menghasilkan ayam, yang kemudian disebut sebagai Gallus gallus domestik. Penempatan kalimat tersebut lebih tepat disematkan
(A) setelah kalimat 4.
(B) sebelum kalimat 4.
(C) setelah kalimat 3.
(D) sebelum kalimat 2.
(E) setelah kalimat 5.


Soal No. 10
Apa yang harus ditambahkan untuk melengkapi teks di atas?
(A) Tabel perbedaan telur di darat dan di air.
(B) Bentuk evolusi telur dulu sampai dengan sekarang.
(C) Skema pembentukan kulit telur.
(D) Tabel penyusun kulit telur.
(E) Alur pertumbuhan ayam.


Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 11 sampai dengan 15!
Teori quantum dipahami sebagai interaksi yang mengubah energi menjadi pancaran cahaya yang dahsyat. Dalam konteks belajar menulis, quantum dapat dimaknai sebagai interaksi yang terjadi dalam proses belajar niscaya mampu mengubah berbagai potensi yang ada di dalam diri manusia menjadi pancaran atau “ledakan-ledakan” gairah—dalam memperoleh hal-hal baru—yang dapat ditularkan atau ditunjukkan kepada orang lain. Membaca dan menulis adalah beberapa bentuk interaksi dalam proses belajar.

Untuk dapat mencapai efek penting dalam menulis, maka pada saat awal menulis yang diperlukan adalah semangat untuk mengeluarkan apa saja yang disimpan atau disembunyikan di dalam diri, tanpa dibatasi atau dipenjara oleh aturan apa pun. Suasana bebas, tidak mengancam, dan seolah-olah seorang penulis berada di dunia ini sendirian sangat penting untuk dikondisikan oleh seorang penulis agar yang ingin ditampakkan keluar—yang berasal dari dalam—dapat muncul secara total.

Model pembelajaran menulis dengan quantum writing dibagi dalam dua tahap, yaitu pertama berisi konsep-konsep yang diharapkan dapat memberikan kebaruan tentang menulis dan bagian kedua berisi tentang teknik-teknik yang perlu dikembangkan dalam menulis. Bagian pertama ditujukan untuk mengayakan “mental” seorang penulis—terutama sekali bagi penulis yang baru ingin memasuki dunia tulis-menulis—agar dirinya siap dan berani menulis. Bagian kedua ditujukan untuk kebutuhan $^5$praktek menulis dengan teknik-teknik yang memberdayakan.

Soal No. 11
Berdasarkan paragraf 1, manakah pernyataan
yang benar?
(A) Quantum dapat dimaknai sebagai interaksi yang terjadi dalam proses belajar dalam konteks belajar membaca.
(B) Menulis dipercaya mampu mengubah berbagai potensi yang ada di dalam diri manusia menjadi pancaran yang dapat ditularkan.
(C) Interaksi dalam memperoleh hal-hal baru dapat ditularkan atau ditunjukkan kepada orang lain terlepas dalam pembahasan teori quantum.
(D) Interaksi yang mengubah energi menjadi pancaran cahaya yang dahsyat tidak terdapat pada teori quantum.
(E) Beberapa bentuk interaksi dalam proses belajar, yaitu kegiatan membaca dan menulis.


Soal No. 12
Berdasarkan paragraf 1, jika seorang penulis
sudah dapat memaksimalkan penggunaan teori quantum, ia akan dapat menunjukkan hasil tulisannya yang baik. Manakah simpulan yang paling benar?
(A) Penulis yang sudah mampu menunjukkan tulisannya dengan mudah dapat mengolaborasikan kemampuan membaca dan menulisnya.
(B) Penulis yang belum mampu mengubah potensi menjadi pancaran dirinya belum mampu memanfaatkan teori quantum dengan maksimal.
(C) Semua penulis yang sudah menelurkan karyanya dengan maksimal kepada para pembaca tidak perlu lagi memanfaatkan teori quantum lagi.
(D) Sebagian penulis yang dapat memanfaatkan teori quantum dengan baik, mereka akan selalu menelurkan karyanya dengan sukses.
(E) Semua penulis seharusnya dapat memanfaatkan teori quantum agar semua karya yang dihasilkannya dapat ditularkan kepada orang lain.


Soal No. 13
Kata yang harus dihilangkan pada kalimat 1 paragraf 2 agar kalimat tersebut efektif adalah
(A) untuk.
(B) maka.
(C) pada.
(D) tanpa.
(E) apa pun.


Soal No. 14
Makna kata model pada teks tersebut adalah
(A) orang yang difoto.
(B) barang tiruan.
(C) cara.
(D) pola.
(E) teknik.


Soal No. 15
(A) TIDAK PERLU DIPERBAIKI.
(B) praktikum.
(C) praktis.
(D) praktik.
(E) practice.


Baca juga:
Share postingan ini di media sosial kalian ya..., agar blog ini semakin berkembang. Terimakasih!

0 Response to "Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia dan Pembahasan"

Post a Comment

Maaf, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

close