Soal Asli UTBK 2019 Sejarah dan Pembahasan - Jawaban-Solusi

Dukungan

Soal Asli UTBK 2019 Sejarah dan Pembahasan

Soal Asli UTBK 2019 Sejarah (SOSHUM)
UTBK 2019 Sejarah. Berikut ini adalah Soal dan Pembahasan UTBK 2019 Sejarah yaitu salah satu mata pelajaran yang diujikan pada kelompok SOSHUM (Sosial Hukum).

Soal No. 1
Alat tukar masyarakat di Amerika Latin sebelum kedatangan bangsa Eropa adalah
(A) kerang.
(B) coklat.
(C) emas.
(D) gading.
(E) kulit hewan.
Pembahasan:
Peradaban Suku Aztec di tahun 1300-1521 Masehi ini mengkonsumsi biji Kakao sebagai warisan dari generasi mereka sebelumnya. Mereka mengembangkan olahan cokelat menjadi minuman dingin maupun panas. Selain itu biji kakao digunakan sebagai alat tukar. Menurut sejarah, penguasa Aztec-Montezuma dapat meminum 50 cawan emas berisi cairan cokelat setiap harinya dan selalu melemparkan setiap cawan yang telah habis. Pada saat itu cawan emas tidak seberapa harganya dibandingkan cokelat.
Sebagai mata uang suku Indian Aztec Cokelat digunakan dengan sistem perhitungan dimana satu ayam turki seharga seratus biji kakao dan satu buah alpukat seharga tiga biji kokoa.
Jawaban: B

Soal No. 2
Kebijakan USSR dalam bidang ekonomi untuk membantu negara-negara Blok Timur adalah
(A) Cominform.
(B) Nikita Plan.
(C) Molotov Plan.
(D) Krushev Plan.
(E) Breznev Plan.
Pembahasan:
Dua negara adikuasa saat perang dingin (Amerika dan Uni soviet) sama-sama berhasil dan sukses pada bidang politik dan militer selain mereka menguasai kondisi perekonomian yang sedang krisis dan mampu berubah keadaan menjadi lebih baik. jika Amerika serikat bisa bangga dengan Marshall Plan dan CIA maka Uni soviet akan bangga dengan Molotov Plan dan KGB dimana mereka juga sama sama antusias meningkatkan kegiatan intelejen, tekhnologi nuklir , tehknologi ruang angkasa, olahraga (olimpiade) dan pengaruh ideology terhadap negara lain.
Jawaban: C

Soal No. 3
Alasan Presiden Soekarno membubarkan DPR hasil Pemilu 1955 adalah
(A) Dekrit Presiden.
(B) penolakan RAPBN oleh DPR.
(C) DPR menolak penetapan presiden seumur hidup.
(D) pembubaran Partai Masyumi dan PSI.
(E) penolakan terbentuknya Angkatan Kelima.
Pembahasan:
Soekarno membubarkan DPR hasil Pemilu 1955, setelah sebelumnya dewan legislatif itu menolak RAPBN yang diajukan pemerintah. Presiden Soekarno secara sepihak melalui Dekrit 5 Juli 1959 membentuk DPR-Gotong Royong (DPR-GR) dan MPR Sementara (MPRS) yang semua anggotanya diangkat presiden.
Jawaban: B

Soal No. 4
Soal dan Pembahasan UTBK 2019 Sejarah
Gambar di atas adalah tokoh pemimpin sidang perumusan dasar negara
(A) DR. KRT. Radjiman Wiedyodiningrat.
(B) M. Yamin.
(C) Ir. Soekarno.
(D) Mr. Soepomo.
(E) M. Hatta.
Pembahasan:
Gambar tersebut adalah Radjiman Wiedyodiningrat. Tanpa melihat gambar, dalam soal sudah ada keterangan bahwa beliau pemimpin sidang yang menghasilkan dasar negara. Sidang tersebut adalah sidang BPUPKI yang dipimpin oleh Radjiman Wiedyodiningrat.
Jawaban: A

Soal No. 5
Latar belakang perlawanan rakyat Minahasa (Tondano II) terhadap kolonial tahun 1808–1809 adalah
(A) menolak adanya romusha.
(B) menolak kerja paksa.
(C) menolak monopoli perdagangan.
(D) menolak penyediaan tentara.
(E) menolak penyediaan logistik.
Pembahasan:
Perang Tondano II sudah terjadi tahun 1808, yakni pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Perang ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Gubernur Jenderal Daendels. Daendels yang mendapat mandat untuk memerangi Inggris, memerlukan pasukan dalam jumlah besar. Untuk menambah jumlah pasukan maka direkrut pasukan dari kalangan pribumi. Mereka yang dipilih adalah dari suku-suku yang memiliki keberanian berperang. Beberapa suku yang dianggap memiliki keberanian adalah orangorang Madura, Dayak dan Minahasa. Atas perintah Daendels melalui Kapten Hartingh, Residen Manado Prediger segera mengumpulkan para ukung. (Ukung adalah pemimpin dalam suatu wilayah walak atau daerah setingkat distrik). Dari Minahasa ditarget untuk mengumpulkan calon pasukan sejumlah 2.000 orang yang akan dikirim ke Jawa. Ternyata orang-orang Minahasa umumnya tidak setuju dengan program Daendels untuk merekrut pemuda-pemuda Minahasa sebagai pasukan kolonial. Banyak di antara para ukung mulai meninggalkan rumah. Mereka justru ingin mengadakan perlawanan terhadap kolonial Belanda. Mereka memusatkan aktivitas perjuangannya di Tondano, Minawanua. Salah seorang pemimpin perlawanan itu adalah Ukung Lonto. Ia menegaskan rakyat Minahasa harus melawan kolonial Belanda sebagai bentuk penolakan terhadap program pengiriman 2.000 pemuda Minahasa ke Jawa serta menolak kebijakan kolonial yang memaksa agar rakyat menyerahkan beras secara cuma-cuma kepada Belanda.
Jawaban: D

Soal No. 6
Perjanjian damai yang diselenggarakan di Helsinki pada tahun 2005, merupakan perjanjian antara pemerintah Republik Indonesia dengan
(A) RMS.
(C) DI/TII.
(B) GAM.
(D) OPM.
(E) Permesta.
Pembahasan:
Perjanjian Damai antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka, kelak sering disebut MoU Helsinki, ditandatangani di Helsinki, Finlandia, pada 15 Agustus 2005. Perundingan damai itu dicetus Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Ia menunjuk Hamid Awaluddin sebagai koordinator perunding mewakili Pemerintah Indonesia. Sementara koordinator perunding GAM yaitu Malik Mahmud Al Haytar.
Jawaban: B

Soal No. 7
Perdana menteri terpilih setelah Pemilu 1955 adalah
(A) Ali Sastroamidjojo.
(B) Djuanda.
(C) Sukiman.
(D) Wilopo.
(E) Natshir
Pembahasan:
Perdana Menteri pada masa Kabinet Liberal adalah:
1. Natsir: Perundingan masalah Irian Barat
2. Sukiman: MSA
3. Wilopo: peristiwa Tanjung Morawa dan 17 Oktober 1952
4. Ali I: KAA, persiapan pemilu, konflik intern partai
5. Burhanudin Harahap: Penyelenggaraan pemilu
6. Ali II: perpecahan cabinet
7. Djuanda: deklarasi Djuanda
Jawaban: A

Soal No. 8
Gambar di bawah ini merupakan tokoh yang merumuskan dasar negara kita, beliau adalah
Soal UTBK 2019 Sejarah dan Pembahasan
(A) Soepomo.
(B) Moh. Yamin.
(C) Agus Salim.
(D) A.A Maramis.
(E) Wahid Hasyim.
Pembahasan:
Gambar tersebut adalah Mr. Soepomo salah satu tim perumus dasar negara.
Dasar negara dirumuskan oleh tiga tokoh, yaitu
1. Mr. Soepomo
2. M Yamin
3. Ir. Soekarno
Jawaban: A

Soal No. 9
Daerah yang menjadi persinggahan Portugis pertama kali di Nusantara adalah
(A) Malaka.
(B) Maluku.
(C) Banten.
(D) Aceh.
(E) Demak.
Pembahasan:
Portugis masuk ke Nusantara (Indonesia) di bawah pimpinan pelaut terkenal Alfonso de Albuquerque (453–1515). Alfonso merupakan arsitek utama ekspansi Portugis ke Asia serta orang Eropa pertama yang memulai kolonisasi Eropa atas Nusantara. Wilayah yang menjadi persinggahan pertama Portugis di Nusantara adalah Malaka.
Setelah berhasil menguasai Malaka kemudian Portugis melakukan ekspansi dan terjadi perlawanan-perlawanan dari rakyat, di antaranya wilayah/kerajaan Aceh, Demak, dan Ternate.
Jawaban: A

Soal No. 10
Hukum Mesopotamia yang memberikan hukuman setimpal bagi pelakunya adalah
(A) Codex Napoleon.
(B) Codex Yustianus.
(C) Codex Hammurabi.
(D) Codex Sargon.
(E) Hukum 12 Lempeng.
Pembahasan:
Undang-undang (Codex of Hammurabi) adalah prasasti hukum kuno Babilonia yang disusun oleh raja Hammurabi. Prasasti ini berukuran 2,25 meter dengan tulisan terukir dalam bahasa Akkadia berisi 282 peraturan mengenai berbagai ketentuan; semisal undang-undang perdagangan, perbudakan, penuduhan, ganti rugi kerusakan, pencurian dan hubungan keluarga.
Salah satu peraturan terkenal dari prasasti ini adalah hukum balas-setimpal yang mirip dengan Hukum di Kitab Taurat: Jika seseorang menghancurkan mata milik orang lain, mereka harus menghancurkan mata milik perusak itu. Jika seseorang mematahkan tulang milik orang lain, mereka harus mematahkan tulang milik orang (yang mematahkan) itu Hukum ke-196 dan ke-197.
Jawaban: C

Baca juga:
Share postingan ini di media sosial kalian ya..., agar blog ini semakin berkembang. Terimakasih!

0 Response to "Soal Asli UTBK 2019 Sejarah dan Pembahasan"

Post a Comment

Maaf, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

close